SMK Muh Pakem Juara 4 pada Daihatsu Skill Contest Tahun 2020

SHARE

Pada tahun 2020, PT Daihatsu mengadakan kegiatan Daihatsu Skill Contest yang ke-5. Daihatsu Skill Contest merupakan program Daihatsu yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan siswa pada bidang otomotif berdasarkan perkembangan teknologi terbaru. Kegiatan diawali dengan pendaftaran secara online melalui situs Sahabat Daihatsu. Seleksi tahap pertama dilakukan dengan ujian teori secara online untuk seluruh peserta dari SMK se-Indonesia. Jumlah peserta yang lolos tahap pertama berjumlah 19 SMK se-Indonesia (negeri  dan swasta).

Peserta dari SMK Muhammadiyah Pakem yaitu Nur Adin (guru) dan Rafi (siswa kelas XII). “Persiapan dan latihan sudah Kami lakukan jauh-jauh hari untuk menghadapi Daihatsu Skill Contest ini”, kata Pak Adhi Catur  selaku Kaprodi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Muhammadiyah Pakem.

Pada tahap kedua (uji praktik) dilakukan sesuai dengan regional masing-masing. SMK Muhammadiyah Pakem termasuk dalam regional Jawa Tengah dan DIY. Kegiatan ini diawali dengan Technical Meeting pada tanggal 17 Januari 2020 dan dilanjutkan dengan Uji Praktik keesokan harinya.

Sistem lomba dilakukan secara teamwork antara guru dan siswa dari sekolah yang sama. Perlombaan diawali oleh guru untuk mengatasi kondisi mesin mobil yang tidak dapat dinyalakan dan terjadi troubleshooting selama 30 menit dan dilanjutkan oleh siswa untuk melakukan perawatan berkala 10.000 km dan troubleshooting selama 45 menit pada unit kendaraan yang sama.

Perlombaan berlangsung cukup sengit. Pada akhir kegiatan SMK Muhammadiyah Pakem meraih juara 4 pada ajang tersebut. SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo meraih juara satu, SMK Kesatrian meraih juara dua, dan SMK Negri Jumo meraih juara 3 pada Daihatsu Skill Contest tahun ini.